Menghemat Tagihan Listrik Dengan Cara Ampuh Dan Mudah

Sep 22, 2020

Menghemat Tagihan Listrik Rumah

Merasa kesal setiap bulan ketika melihat tagihan listrik membengkak terus selama kamu kerja di rumah? Ada loh cara – cara untuk menyiasati agar listrik kamu tidak membengkak setiap bulannya.

Kita semua tahu bahwa tagihan listrik merupakan salah satu biaya bulanan yang cukup besar di dalam anggaran rumah tangga atau tempat usaha mu. Apalagi jika kamu memiliki banyak peralatan elektronik seperti AC, kulkas atau dispenser dan hal ini yang biasanya yang menyebabkan listrik kamu membengkak.

Apabila kamu tidak mengelola dengan baik atas penggunaan alat – alat elektronik ini maka tagihan listrik bulanan mu akan membengkak terus.

Jadi, bagaimana ya caranya untuk mengelola dan membudayakan ini di rumah?

Sebenarnya ada banyak cara kok, di bawah ini adalah beberapa tips dan trik dari Leastric agar kamu lebih peka dan paham dalam menyiasati penggunaan listrik sehingga kamu bisa mulai berhemat.

Catat alat elektronik

Source: Freepik.com

1. Buat Daftar Peralatan Elektronik

Setiap alat elektronik pasti memiliki keterangan mengenai daya yang dibutuhkan. Dengan demikian, buatlah daftar peralatan elektronik berdasarkan daya yang dibutuhkan.

Hal ini memiliki tujuan agar kamu bisa mengontrol penggunaan setiap alat elektronik yang digunakan.

Gunakan lampu LED

Source: Freepik.com

2. Gunakan Lampu LED

Tahukan kamu bahwa beberapa lampu LED 7 watt setara dengan lampu pijar 60 watt? Kebanyakan orang enggan menggunakan lampu LED karena harganya mahal.

Namun, kenyataannya justru bisa jauh lebih hemat karena konsumsi energinya jauh lebih rendah dan daya tahannya lebih lama.

Efisiensi Ricecooker

Source: Freepik.com

3. Siasati Penggunaan Rice Cooker

Saat kamu memasak nasi, cobalah gunakan air yang telah mendidih dan bukan dengan air dingin, agar konsumsi listriknya tidak terlalu besar.

Dengan begitu, proses memasak akan lebih singkat dan listrik yang digunakan semakin hemat.

Cabut Colokan yang tidak terpakai

Source: Freepik.com

4. Mencabut Peralatan Yang Tidak Digunakan

Setiap alat elektronik yang tersambung listrik akan tetap menyedot listrik walaupun sudah dimatikan. Biarpun kecil tapi lama kelamaan akan menjadi masalah bagi tagihan listrikmu.

Hindari makanan panas di kulkas

Source: Freepik.com

5. Hindari Memasukkan Makanan Panas ke Dalam Kulkas

Kulkas akan bekerja ekstra ketika ada benda atau makanan panas yang dimasukkan ke dalam karena kulkas perlu menstabilkan suhu dari benda atau makanan tersebut. Hal ini mengakibatkan kerja kulkas meningkat dan menyebabkan peningkatan pada konsumsi dayanya.

Gunakan setrikaan pengatur panas otomatis

Source: Freepik.com

6. Gunakan setrika dengan pengatur panas otomatis

Pada umumnya, aktivitas menyetrika berlangsung selama berjam-jam. Setrika yang tidak memiliki alat pengatur otomatis akan bekerja mengalirkan listrik secara terus menerus. Setrika dengan pengatur panas otomatis dapat diatur penggunaan konsumsi listriknya sehingga jadi lebih hemat. Jadi, listrik tidak terbuang sia – sia selama berjam-jam menyetrika.

Manfaatkan ventilasi udara

Source: Freepik.com

7. Ventilasi udara yang baik

Ventilasi udara akan membantu sirkulasi udara dengan baik sehingga akan menyebabkan ruangan menjadi sejuk dan juga terang. Dengan begitu, ventilasi udara dapat membantu kamu untuk menghemat penggunaan AC, kipas angin dan bahkan lampu yang membuat pemakaian listrik lebih hemat.

Lakukan bersama keluarga

Source: Freepik.com

8. Lakukan Bersama – sama

Seluruh cara di atas akan berjalan dengan baik jika dilakukan bersama-sama dengan anggota keluargamu di rumah. Terapkan cara – cara tersebut secara bertahap hingga menjadi kebiasaan 

Mudahkan! Untuk melakukan pengelolaan dan penghematan di rumah bisa dimulai dari hal yang paling kecil dulu dan dilakukan bersama-sama dengan keluarga di rumah. Lalu untuk lebih memudahkan kamu untuk mengelola, kamu juga bisa menggunakan alat LEASTRIC dimana kamu bisa secara langsung memonitor penggunaan listrik kamu.

Manfaatnya besar loh dan kamu bisa tersenyum kembali bila melihat tagihan listrik kamu yang datang di bulan berikutnya.

Nah, sahabat Leastric, itu adalah tips dan triks untuk mengelola listrik di rumah sehingga kamu mulai bisa berhemat.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Address

My Republic Plaza (Green Office Park 6)
Wing A, Ground Floor Zona 6,
Grand Boulevard Street, Green Office Park, BSD City
Desa Sampora, Kecamatan Cisauk,
Kab Tangerang 15345

Email

info@leastric.com

+62 811 - 1745 - 929

Customer Service

Copyright ©2020 |  PT. Leastric Teknologi Indonesia

FAQ

Privacy & Policy

Terms & Conditions

Pin It on Pinterest

Shares
Share This